Tidak pernah ada kata tidak ada jalan

20151125_081754_Richtone(HDR)Pernah tidak, berpikir, membayangkan, apa rasanya menjadi manusia buta, tanpa pernah melihat apa pun di dunia. Hanya gelap dan suara-suara yang harus diterjemahkan sendiri.

Pernah tidak, membayangkan, hanya bisa menerka-nerka bentuk hujan, wajah dari bulan, keemasan tuanya senja, birunya langit, cantiknya bintang, ombak, laut, gunung dan cahaya-cahaya kota dan segala jenis apa pun di dunia.

Pernahkah, membayangkan, hidup berada di dunia kegelapan. Sama sekali gelap. Rasanya jadi sesak. Seolah tidak ada ruang untuk berlari, lapangan luas.

Seperti bapak tua penjual kerupuk ini. Jalan meraba, menerka dan menunggu kebaikan orang, memberinya jalan, menunggunya jalan, membeli jualannya.

Meskipun begitu, ia tetap berusaha. Kan, konon, di mana ada usaha, di situ ada jalan, sesusah apa pun, ia bisa jalan cukup jauh. Menjual kerupuk dari pagi sampai jam dua belas siang. Setelah itu menunggu panggilan mijat dan kalau ada waktu, sorenya berjualan lagi.

Hebatnya, dia bisa hapal jalan pulang dan jalan jualan. Hebatnya lagi dia menikah dan punya dua anak. Hebatnya lagi, satu anaknya baru lulus kuliah dan satu lagi masih SMP.

Dia buta, menikmatinya, tetap bersyukur ada yang membeli, meskipun tidak pernah tahu dengan pasti, seperti apa bentuk-bentuk A to Z di dunia. Kita melihat, kadang, terlalu lupa diri, bahwa di belahan tanah lain, ada yang jauh lebih menderita dan tidak menyenangkan hidupnya dari kita.

Memang tepat ya, bahwa, kita, manusia, terkadang tidak pernah bersyukur. Mungkin karena kita, manusia, memiliki napsu yang lebih besar. Ya iyalah. Kalau napsunya kecil, kita akan jalan di tempat.

Ya ya ya ya!

20151125_082536

20151125_082558

“sonofmountmalang”

Advertisements

komen sebagian dari blogging!:))

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s