Kemping murah meriah bersama legenda Ranca Upas – Ciwidey. Yuk! Ceh harganya.

RancaUpas0124

Spot di Ranca Upas paling ujung, paling jauh dan paling dekat dengan hutan dan lumayan paling jauh ke toilet juga sih. Tapi spot ini paling jauh dari keramaian.

Ada dua legenda yang diracik atas nama RANCA UPAS. Pertama, Ranca Upas berasal dari kata Ranca dan Upas. Ranca artinya rawa. Upas artinya pohon jenis Upas dari keluarga moraceae, yang dulunya, konon, di rawa ini banyak ditemukan Pohon Upas. Salah satu pohon beracun yang biasa digunakan untuk berburu di hutan, dengan mengoleskan racun ke ujung panah atau tombak. Nama Ranca Upas diberikan sesuai dengan kebiasaan ORANG SUNDA sih tepatnya, yang katanya, memberikan nama untuk suatu wilayah diidentikkan sesuai ciri-cirinya, kejadian atau kebiasaan. Alasannya sederhana, supaya mudah diingat. Yas, masuk akal sih.

 

Legenda kedua, menurut saya, ini paling menarik dari nama Ranca Upas. Kenapa? Karena legenda bisa lebih melegenda ceritanya. Jadi, katanya, dulu di daerah ini ada seorang tokoh perhutani orang WALANA. Pasti tahulah yah sejarah Lembang atau Ciwidey dan tempat-tempat gunung teh yang sarat dengan kompeni, di mana mereka memaksa penduduk lokal untuk menanam cengkeh, teh dan kopi. Nah, Si Upas ini menjelajah ranca, eh dia mati di ranca, tetapi jasadnya tidak pernah ditemukan.

RancaUpas0076

Pagi berkabut paling benar itu TEH PANAS atau KOPI PANAS!

 

Dari situlah muncul mitos, katanya, sebenarnya Si Upas ini masih suka ditemui oleh beberapa pencari kayu bakar. Jadilah mitos Ranca Upas sekaligus namanya menjadi nama wilayah Ranca Upas yang terus diceritakan dari jaman ke jaman. Sama lah halnya dengan mitos Tangkuban Perahu kan. Ya keles ada orang nendang perahu, kemudian perahunya kebalik dan jadi gunung. Heloowww! Tapi, itulah legenda. Sah-sah saja dikreasikan. Mungkin, kalau saya hidup di jaman legenda-legenda, saya palingan doyan MENGARANG SEGALA JENIS LEGENDA.

 

Terlepas dari serunya legenda tentang Ranca Upas, berkat namanya yang unik dan kebaikan bapak-bapak dari Perhutani yang sudah membuka Ranca Upas, kini siapa pun akhirnya bisa merasakan KEMPING MURAH di tempat dingin berkabut dan bebas menentukan spot kemping sesuka hati. Mau di bawah pohon-pohon Rasamala. Mau di samping danau kecil. Mau di dekat hutan. Mau di dekat parkiran. Mau di dekat toilet. Mau jauh dari toilet. Mau parkir mobil kemudian membuka tenda di belakang mobil. Bisaaa! Terserah kamu maunya kemping di spot mana. Tergantung mau jalan jauh bawa perlengkapan kemping kemudian terhindar dari keramaian atau selemparan kutang pink dari mobil sudah bisa kemping, namun kok terasa bukan kemping ya kalo masih bisa melihat deretan mobil parkir. Ehhh, terserah yang kemping donk. Suka-suka lah sih!

IMG_9758

Kampung Cai Ranca Upas. Lets goh!

RancaUpas0061

Cukup lumayan kan dinginnya kalau sore mulai berkabut.

RancaUpas0064

Menikmati kabut di sini sambil pelukan saja kalau ada pasangan. Kalau tidak, ya peluk pohon yang jomblo pun tak masalah. Yang penting hangat.

RancaUpas0123

Selain bisa mendirikan tenda di atas tanah, kalian juga bisa mendirikan tenda di atas semen. Ya, siapin kasur aja.

RancaUpas0109

Toilet sudah tidak berfungsi di spot paling ujung. Kalau cuma pipis ya bawa botol minum aja yah.

RancaUpas0062

Jalan setapak menuju spot paling ujung. Bisa dilalui motor kalau kalian mau minta tolong pengurus Ranca Upas untuk dibawakan alat-alat kemping ke spot paling ujung ini.

Lantas, apa yang wajib disiapkan untuk kemping di Ranca Upas?

  1. Bawa tenda dan perlengkapan kemping
  2. Tidak usah bawa tenda karena di Ranca Upas disewakan tenda segala ukuran dan tidak usah takut kehabisan, karena setiap warung menyewakan tenda dan perlengkapannya
  3. Bawa makanan dan sejenisnya untuk dimasak
  4. Tidak usah bawa juga nggak apa-apa, wong warungnya buka 24 jam
  5. Untuk menghangatkan badan di api unggun juga cukup membeli sebuntal kayu bakar seharga 15.000. Dua atau tiga buntal kayu bakar cukuplah sampai pagi kalau mau nongkrong terus di depan api unggun
  6. Bawa uang untuk beli-beli dan bayar tiket susulan, misalnya ngasih makan rusa atau main air di kolam. Nggak ngasih makan sama main air juga nggak apa-apa. Itu nggak penting-penting amat buat kehidupan kemping, kecuali mau narsis kalau loe udah pernah ngasih makan rusa dan foto bareng rusa di Ranca Upas. Alay!:))
  7. Kalau mau kemping lebih hemat lagi, bawa semua perlengkapan dan tinggal beli kayu bakarnya saja.
  8. Hindari ke toilet pada jam-jam genting. Kecuali mau nahan pipis atau nahan kebelet beol sampe lobang pantat melintir.
  9. Kalau mau berangkat kemping untuk personal atau keluarga, kayanya tidak perlu bertanya ke contact person-nya Ranca Upas, selain jawabnya lama, juga nggak begitu pentinglah. Kecuali untuk corporate atau komunitas dengan jumlah peserta ratusan yah. Nah baru deh koordinasi dengan pengurus Ranca Upas.
  10. Jangan terlalu berharap begimana mungkin ya, misalnya membandingkan Ranca Upas dengan Tanakita atau Legok Kondang atau camping ground milik swasta lainnya. Ini punya pemerintah/perhutani, jadi enjoy sajalah, sodara-sodara!
    RancaUpas0072

    Spot kemping di dekat penangkaran rusa. Di sini lumayan di tengah. Tidak ramai, juga ke toilet masih bisa dijangkau dengan jarak sekitar 300 meteran.

    RancaUpas0003

    Pemandangan langsung hutan. Sambil tiduran, ngemil dan membaca buku sudah bahagia.

    RancaUpas0068

    Jangan terlalu siang membongkar tenda. Kecuali hujan, lanjutkan saja kempingnya. Kalau terang benderang seperti ini, meskipun masih berkabut, udara di pegunungan cepat sekali panasnya.

    RancaUpas0088

    Siapkan api unggun pagi hari untuk menghangatkan diri.

    RancaUpas0009

    Bersama si bolang, Virgillyan Ranting Areythuza

    RancaUpas0191

    Is that you wolf merupakan bacaan ringan Virgillyan.

    RancaUpas0212

    Nahhh! Kalau bacaan berat ini sih dia cuma acting doank.

    RancaUpas0077

    Semuanya menyambut matahari. Anyway, bercak di kamera karena jarang dipakai itu bikin KZL!

    RancaUpas0059

    Kabut sore di Ranca Upas siap mendinginkan suasana hati kalian semua!

Terakhir tidak usah takut kehabisan spot kemping. Ranca Upas itu luaasssss! Sewaktu saya kemping, itu ada dua komunitas yang kemping. Pertama, komunitas KEMAH KELUARGA memenuhi blok utama, tepatnya di bawah pohon-pohon rindang Rasamala dan dekat pintu gerbang. Kedua, komunitas mobil Escudo. Selebihnya rombongan-rombongan keluarga, rombongan anak kampus, rombongan ABG galau dan rombongan anak SMA dan ya ada juga sih pasangan yang mau bercinta di dinginnya tenda suasana Ranca Upas. Sotoy sih! Eh, tapi juga siapa larang coba! Mau enak-enak kok dilarang.

Selebihnya, jangan berharap ketemu Si Upas!

Dan,

SELAMAT BERKEMPING MURAH MERIAH DI RANCA UPAS, CIWIDEY, BANDUNG – JAWA BARAT.

RancaUpas0228

Berangkaattt!

RancaUpas0005

Buat yang doyan ngopi, jangan lupa membawa seperangkat alat ngopi ke mana pun pergi.

RancaUpas0084

Teko isi teh hangat selalu selama 24 jam.

RancaUpas0010

Tiga hal yang wajib dibawa untuk isi perut dan menghangatkan badan. Kompor gas untuk masak, anglo isi arang yang bisa hangat 24 jam dan api unggun.

RancaUpas0120

Tidak usah takut kehabisan kayu bakar. Stock di 10-an warung masih banyak.

RancaUpas0006

Seperangkat alat masak.

RancaUpas0024

Kebayang kan aroma pisang goreng ditiup angin dingin. Gleks!

RancaUpas0031

Hayuk kita nyemil dan ngeteh!

RancaUpas0055

Masaknya pun yang simple dan cepat. Macam spageti kaya gini lah yah!

RancaUpas0140

Ngopi paling enak di Ciwidey. Manual Brew Aeropress. SIapa mau?

RancaUpas0142

Jangan lupa temannya si pisang goreng.

RancaUpas0056

Bawa jagung, singkong atau ubi untuk dibakar.

RancaUpas0231

Tiket masuk untuk tiga orang dewasa. All in one.

“sonofmountmalang”

 

Advertisements

4 thoughts on “Kemping murah meriah bersama legenda Ranca Upas – Ciwidey. Yuk! Ceh harganya.

komen sebagian dari blogging!:))

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s