Salah satu cara bikin kopi super enak dengan membekukan biji kopi!

biji kopi dingin dari sonofmountmalang.com-12

Papua Wamena dibekukan di freezer. Pilihannya disimpan di kantong khusus kopi yang kedap dan atau disimpan di toples yang memungkinkan tidak ada udara yang masuk. Sebab, jika tidak, kemungkinan kopi akan menyerap bau di sekitar freezer kalau tidak kedap dan akan merusak rasanya.

Salah satu cara menjadikan kopi lebih enak adalah dengan membekukan terlebih dahulu biji kopi di freezer sampai ke suhu -196o C. Itu menurut ilmuwan dan seorang pakar kimia, Om Dr Christopher Hendon, dari kampus Massachusetts Institute of Technology. Menurutnya, setelah diteliti secara kimiawi dan kandungan partikel dan dibrew, kopi yang bijinya dibekukan sampai titik beku di suhu -196o, itu bisa menghasilkan brew kopi dengan rasa lebih kaya. Baik tekstur, aroma dan kekhasan dari kopi yang dibekukan tersebut. Yep! Itu sudah otomatis ya. Mungkin kalau yang dibekukan itu jenis Single Origin Kintamani, maka the power of flavor kintamani-nya akan terekstraksi dengan sempurna, sehingga rasanya menjadi lebih dahsyat dan lebih enak pula rasa kopinya.

biji kopi dingin dari sonofmountmalang.com-7

Ternyata keren juga ya kopi beku disimpan di toples dan dibuat foto sesi:P

biji kopi dingin dari sonofmountmalang.com

Yang satu toples berisi kopi beku berjenis Papua Wamena dan satu toples baru disimpan itu dari Toraja. Satu lagi, tentu saja siap minum di cuaca Jakarta yang sedang panas banget ini! Rasanya kopi dingin lebih enak dari apa pun yah.

Nah, berbekal penelitian Dr Christopher Hendon, saya mencoba mempraktekannya. Meskipun suhunya tidak sampai -196o C tetapi bisa dibilang sudah mencapai titik beku. Kemudian di-grind secara manual, lalu di-brew secara brew manual juga menggunakan Bialetti Mokapot Brikka. Hasilnya, rasanya berbeda memang dari biji kopi yang langsung di-grind dengan biji kopi yang dibekukan. Biji kopi yang dibekukan menghasilkan rasa kopi lebih strong, dengan gramasi yang sama dengan biji kopi bukan dibekukan. Aroma dan flavor origin-nya keluar. Saya menggunakan SINGLE ORIGIN PAPUA WAMENA. Salah satu single origin idola, selain single origin dari Flores, Sumatera, Toraja dan single origin lainnya. Yah, semua suka donk kalau gitu ya.

biji kopi dingin dari sonofmountmalang.com-10

Toplesnya lumayan tanah dingin meskipun sudah dibuka, kondisi kopi tetap beku dan toples tetap dingin juga. Segera ambil dan timbang kemudian giling.

Jadi gimana? Mau mencoba menikmati kopi super enak di rumah? Ayolah dicoba biji kopinya dibekukan sampai titik beku. Kalau punya nitrogen, katanya akan mencapai titik beku 196o C. Kalau tidak punya, seting freezer terbeku kalian dan taruh kopi di sana. Kalau sudah beku, silakan langsung di-grind dan di-brew.

biji kopi dingin dari sonofmountmalang.com-13

Kalau sudah digiling, siapkan Bialetti Mokapot Brikka. Isi air. Panaskan dan taruh di atas kompor. Oh ya, besok-besok akan ada sesi khusus bikin kopi step by step menggunakan Brikka deh ya.

biji kopi dingin dari sonofmountmalang.com-15

Hasil kopi dari biji kopi yang dibekukan. Crema lebih banyak dan aroma lebih keluar. Terlebih, menggunakan Brikka, hasil kopi pun jadi lebih maksimal.

biji kopi dingin dari sonofmountmalang.com-17

Kopi pun siap disajikan. Mau panas atau dingin. Jangan lupa diminum selagi panas jelang hangat. Kalau ingin dingin, beri saja es batu beberapa kotak.

biji kopi dingin dari sonofmountmalang.com-19

Mau? Single Origin Papua Wamena dengan membekukan biji kopi.

biji kopi dingin dari sonofmountmalang.com-3

Hasil kopinya, bisa juga diberi es untuk mendinginkan suasana hati yang panas karena melihat PP mantan lagi mesraan sama pacar barunya. Eaaa!

IMG_9949

Mau lebih manja sedikit, cobalah diberi FRESH MILK. Dijamin ketagihan. Buat kamu yang doyan ngopi segala jenis kopi.

Selamat menikmati kopi enak di rumah kalian masing-masing. Kalau tidak mau ribet, gampanglah. Hubungi saya aja, nanti saya kirim hasil brew dari biji kopi beku.

“sonofmountmalang”

Advertisements

8 thoughts on “Salah satu cara bikin kopi super enak dengan membekukan biji kopi!

komen sebagian dari blogging!:))

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s