Wajib dicoba! Tempat ngopi enak di Gunung Papandayan – Garut.

Papandayan Camping Ground188

Warung Kopi Papandayan Camping Ground di tengah hutan pinus. Panas, pahit dicampuradukkan dengan udara dingin. 

Siapa sih sekarang yang nggak doyan ngopi? Dari ABG sampai nenek-nenek. Dari desa sampai ke kota. Dari pelosok pedalaman sampai kaum urban. Dari yang tinggal di gubuk derita sampai apartemen bintang lima. Dari kedai sederhana sampai kedai mewah. Dari pusat kota hingga kaki gunung. Kedai kopi dan ngopi selalu dicari.

Sama halnya ketika wisatawan pergi ke kota wisata, desa wisata, kampung wisata atau pun gunung wisata, kalau bisa, isenglah ngopi di kedai yang sedang heits di tempat tersebut.

Seperti ketika berwisata ke Gunung Papandayan. Kedai kopi merupakan tempat yang wajib ada di salah satu kota penghasil kopi di Indonesia. Apalagi kalau bukan KOPI GARUT. Selain terkenal dengan DODOL GARUT dan DOMBA GARUT, Kota Garut juga terkenal dengan KOPI GARUT. Sebenarnya sih lebih umum dengan istilah Java Preanger atau Kopi Priangan. Konon, Kopi Priangan ini memang sudah terkenal sejak jaman dahulu kala. Sejak jaman kolonial Belanda, yang memang melakukan tanam paksa atau Preanger Stelsel di kawasan Priangan. Sampai-sampai Kopi Priangan ini sudah diekspor ke Amerika, Eropa dan Australia.

Tapi, beberapa tahun lalu, mencari kedai kopi yang menyajikan kopi kualitas terbaik khas Kota Garut masih sangat jarang. Ada pun kedai-kedai kopi biasanya menyajikan kopi SASETAN! Maka dari itulah tumbuh kesadaran pemilik uang untuk mendirikan kedai kopi yang enak, nyaman dan tentu saja menggunakan kopi khas Kota Garut.

Khusus untuk di Gunung Papandayan, mulai dibangun kedai kopi bernuansa alam, dengan pemandangan super cantik. Salah satu kedai kopi yang sedang HITS lokasinya berada di dekat Gunung Papandayan. Tepatnya di Jalan Kawah Papandayan, Sirnajaya, Cisurupan. Nama kedainya yang cukup besar ini bernama DUSUN KOPI GUNUNG JAYA PAPANDAYAN. Termasuk kedai kopi terbesar se-Kota Garut. Mungkin se-Jawa Barat. Tidak tahu sih kalau di tempat lain ada yang lebih besar dari Dusun Kopi ini. Selain bisa menikmati kopi, di DUSUN KOPI GUNUNG JAYA PAPANDAYAN bisa menikmati pemandangan mewahnya Gunung Cikuray. Di sini juga bisa dijadikan spot selfie dan narsis tiada henti.

Sayangnya, saya tidak sempat mengambil gambar dikarenakan semua gadget dalam kondisi lowbat. Maklum lah sih, di sini belum ada listrik. Jadi, kalau mau charge sesuatu butuh perjuangan.

Screen Shot 2017-09-11 at 9.29.18 AM

Kalau mau iseng dan penasaran seperti apa Dusun Kopi Gunung Jaya Papandayan, coba saja browsing di google, akan keluar image-image seperti di atas. Linknya tinggal ketik di google. Image diambil dari google https://www.google.co.id/maps/uv?hl=en&pb=!1s0x2e68a386464291e7%3A0xc67578f9e6e8aa9c!2m22!2m2!1i80!2i80!3m1!2i20!16m16!1b1!2m2!1m1!1e1!2m2!1m1!1e3!2m2!1m1!1e5!2m2!1m1!1e4!2m2!1m1!1e6!3m1!7e115!4shttps%3A%2F%2Fpicasaweb.google.com%2Flh%2Fsredir%3Funame%3D117715635465448929601%26id%3D6440371071440629234%26target%3DPHOTO!5sDusun%20Kopi%20Gunung%20Jaya%20-%20Google%20Search&imagekey=!1e10!2sAF1QipNmjqvygeBErsKm7mXsTMp2Cr1NsXGFeMs6DTzP&sa=X&ved=0ahUKEwj2nPn9iJzWAhUJv48KHepqBikQoioIjQEwDg

Selain di Dusun Kopi Gunung Jaya Papandayan, kamu juga bisa menikmati kopi di Warung Kopi milik Papandayan Camping Ground. Menurut sang pembuat kopi, ada dua jenis kopi yang disajikan di Warung Kopi Papandayan Camping Ground. Kopi jenis pertama Si Biji Kuning, kopi jenis kedua Si Biji Lanang. Caranya masih sederhana, yaitu menggunakan metode TUBRUK. Minumnya kebetulan pas malam hari yang super dingin, jadi wajib duduk di dekat api unggun. Supaya kopinya tidak cepat dingin. Harga untuk secangkir kopi di Warung Kopi Papandayan Camping Ground itu hanya 10.000 saja.

20170901_200732_LLS

Cara lain supaya kopinya tetap panas, taruh di samping api unggun.

Cara lain menemukan kopi enak di Papandayan Garut adalah dengan membawa alat kopi sendiri dan brew kopi sendiri. Metodenya terserah mau metode apa. Kalau saya, cukup membawa dua alat ngopi. Satu Aeropress, dan satunya lagi Bialetti Mokapot Alpina. Keduanya mampu menghasilkan kopi super enak dan bisa disesuaikan level pahitnya. Plus, sama-sama ekspres dalam proses brew-nya.

Papandayan Camping Ground003

Nahhh! Ini metode manual brew menggunakan Aeropress. Ngebrew kopi di hutan itu rasanya sesuatu banget. Coba ya ngebrew yang lain. Eehhhh!

Papandayan Camping Ground004

Ngopi di ketinggian Kota Garut. Sambil menikmati kota yang ditutup awan atau kabut.

Papandayan Camping Ground007

Model kopi keukopian. Hmmm….! 

Papandayan Camping Ground011

Menikmati kopi, susu kopi tepatnya sih sambil setting drone

Papandayan Camping Ground170

Manual Brew Mokapot Bialetti Alpina nggak mau ngalah sama manusia. Selfie di spot pohon. 

Papandayan Camping Ground169

Bisa duduk lama-lama di sini sambil menikmati kopi. Tapi kasian sih yang mau selfie pada nunggu:p

Jadi, buat kalian yang ingin menikmati kopi enak di Papandayan, bisa memilih Dusun Kopi Gunung Jaya, Warung Kopi Papandayan Camping Ground atau Keukopian Manual Brew. Hahahhaha! Heiitsss!

 

Selamat NGOPI di Gunung Papandayan, Garut.

 

“sonofmountmalang”

Advertisements

2 thoughts on “Wajib dicoba! Tempat ngopi enak di Gunung Papandayan – Garut.

komen sebagian dari blogging!:))

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s