10 Hand Grinder Kopi atau Manual Grinder Kopi Termahal di Indonesia

Untuk kalian yang memiliki hobi menggiling kopi secara manual atau dengan istilah manual grinder cofffe atau hand grinder coffee, maka wajib tahu berbagai macam hand grinder. Mulai dari yang termahal sampai yang termurah. Namun kali ini saya akan membahas 10 Hand Grinder atau Manual Grinder termahal di dunia perkopian. Meskipun istilah mahal itu relatif, tergantung dari sudut pandang siapa? Kalau versi saya, ini termahal untuk sebuah hand grinder.

Ini lah list 10 Hand Grinder atau Manual Grinder termahal di dunia perkopian.

  1. Comandante Grinder C40 Nitro Blade.

Hand Grinder paling mahal untuk ukuran kantong saya ini merknya Comandante. Buatan Jerman. Sudah terbayang kan ya kualitas kalau ada cap “MADE IN GERMANY”. Tapi dilihat dari material dan tampilan juga sangat meyakinkan. Jika ingin lebih dekat melihat materialnya, kalian bisa iseng browsing. Bahannya Stainless Steel. Sampai Burr-nya pun Stainless Steel. Sementara beberapa hand grinder terbuat dari keramik untuk bagian burr-nya dan beberapa part-nya dari plastik, sehingga memungkinkan untuk cepat rusak. Sementara Comandante Grinder C40 Nitro Blade ini kayanya bakalan jauh dari kata rusak. Hasil gilingannya pun bisa dibuat dari fine grind sampai coarse. Ngiler nggak tuh. Cuma, untuk bisa memiliki Comandante Grinder C40 Nitro Blade di Indonesia, kalian harus rela mengeluarkan uang sekitar 3.650.000 rupiah! Buat saya, harga sebegitu, untuk sebuah hand grinder the best di kelasnya, cukup mahal, tapi nanti deh saya beli kalau uang segitu tinggal bersin kemudian menghasilkan uang. Gimana? Mau beli?

 

 

 

 

 

Jika ingin melihat langsung, bisa cek youtube-nya otten.

  1. Orphan Espresso LIDO 3

Kalau yang peringkat pertama tadi dari Jerman, yang kedua ini MADE IN USA. Bukan Made in USA-nya yang menjadikannya mahal, tapi material pun premium. Melihat foto-foto materialnya bikin saya pengen buang manual grinder saya. Kalau browsing-browsing, bahannya dari stainless steel yang konon dibuatnya di swiss. Mengutip dari Otten, inilah materialnya. Fitur-fitur yang melengkapi alat ini di antaranya:

·       Conical steel burr 48 mm buatan Swiss

·       Bagian handle yang bisa dilipat dengan grip dari rubber.

·       Kapasitas hopper 70 gram

·       Dual bantalan poros dari perunggu

·       Kontainer yang anti-statis

·       Terbuat dari aluminium, stainless steel, silicone dan plastik yang bebas BPA

·       Dilengkapi dengan case bawaan dari neoprene

Minder rasanya ya kalau melihat hand grinder milik sendiri. Hahaha!

Untuk hasil gilingannya seperti apa, nampaknya kualitas nomor dua ini banyak yang memberikan riview positif. Sebagian masih bilang the best hand grinder. Nah, untuk harga, OE LIDO 3 ada di urutan kedua versi saya. Harganya sekitar 2.925.000 rupiah! Buat saya masih bisa dikategorikan mahal. Entahlah kalau buat kalian. Gimana?

  1. Kalita Coffee Mill Black

Salah satu brand perlengkapan alat ngopi di Indonesia yang sudah cukup terkenal di kalangan pengopi adalah brand dari Jepang. Kalita yang konon sudah ada sejak tahun 1958. Bentuknya sedikit vintage, kalau menurut saya lho, tidak seminimalis peringkat dua di atas. Bahannya sendiri kombinasi kayu dan hard cast iron diberikan sapuan warna hitam. Jadinya nampak sangar yak! Semacam penggilingan di jaman Dracula. Kelebihan dari Kalita Coffee Mill Black ini Burr-nya terbuat dari iron cast. Kokoh dan tahan lama. Dijamin nggak bakal pecah kalau pun menggiling light roasting. Bisa menggiling dari level fine sampai coarse.

Harga untuk Kalita Coffee Mill Black yang menduduk peringkat ketiga termahal adalah 2.500.000 rupiah!

  1. Zassenhaus Coffee Grinder La Paz– Dark Stained

Dulu, kalau melihat orang-orang eropa membuat riview kopi kemudian melakukan penggilingan secara manual, seringkali saya melihat mereka menggiling dengan hand grinder yang keren-keren dan unik-unik bentuknya. Setelah ditilik, ternyata mereka menggunakan produk hand grinder dari Zassenhaus. Ribet ya namanya. Saya pun membeli satu produk CUMI alias cumi mirip, bahannya dari kayu dan besi kelas ecek-ecek. Dipakai beberapa kali, besinya sudah bengkok dan dipensiunkan tidak lama setelah membeli. Harganya hanya 200.000 rupiah saja.

Berbeda dengan salah satu brand dari Jerman. Oops! Jerman lagi. Zassenhaus di-claim menggunakan material kelas pertama yang mengedepankan kualitas terbaik dan hasil gilingan yang presisi. Brand ini sudah berdiri sejak 1867 dan dijamin awet sampe tangan kalian berotot karena menggiling menggunakan hand grinder.

Harga yang harus dikeluarkan untuk membeli salah satu produk dari Zassenhaus ini sekitar 2.350.000 rupiah!

  1. Hario Grinder MCW 2 OV

Siapa yang tidak kenal brand Hario. Salah satu brand Jepang yang memiliki line up produk lumayan komplit dan mudah dicari di coffeeshop di Indonesia ini. Hampir semua coffee shop menjual beberapa productnya Hario. Namun sekali lagi, fokus ke hand grinder, saya mengambil Hario Grinder MCW 2 OV sebagai hand grinder termahal di urutan kelima. Harganya sekitar 2.000.000 rupiah!

Bahannya tidak sebombastis peringkat pertama, si Hario Grinder MCW 2 OV ini terbuat dari perpaduan keramik dan kayu olive untuk memberikan message keseimbangan antara design dan alam semesta. Tsaahh!

 

 

 

 

 

Untuk hasil videonya, bisa iseng lihat di link

  1. Handground – Coffee Grinder White

Peringkat keeman hand grinder harga termahal diduduki oleh brand Handground – Coffee Grinder White. Konsep pengembangan Handground cukup unik ya. Kalau melihat website-nya, kalian bisa join the team untuk memberikan kontribusi dalam mengembangkan alat-alat giling kopi. Wowww! Kerennn! Dengan berbagai claim dari Handround, mulai dari sistem pengunci aroma kopi sesaat setelah digiling, pengaturan level kehalusan yang dikondisikan untuk bisa diseduh segala jenis manual brew. Kalau membaca-baca di site-nya, Handground – Coffee Grinder White ini memiliki 15 setingan untuk menggiling kopi. Sadis yak. Membaca dan browsing-browsing di website dan melihat beberapa orang me-riview Handground – Coffee Grinder White ini bikin saya pengen beli.

Harganya? Ya, cuma 1.250.000 rupiah sajah! Masih bisa mikirlah untuk menyisihkan uang hura-hura selama dua bulan yak! Yuk!

 

 

 

 

 

 

  1. Handy Grinder A27

Siapa sangka coba kalau produk China satu ini bisa menduduki peringkat ketujuh. Made in China? Hmmm! Kalau melihat design-nya sih, cocok untuk pajangan di rumah atau di coffeeshop atau kedai-kedai kopi. Soalnya kalau untuk dibawa traveling, lumayan rempong dengan bentuknya. Ini versi lebih kusutnya dari brand Zassenhaus. Bahannya terbuat dari perpaduan kayu dan besi. Burr-nya terbuat dari kerami. Minimnya info soal Handy Grinder A27 ini, sampai-sampai website-nya pun tidak ditemukan di halaman pertama google. Tapi harganya untuk Handy Grinder A27 ini cukup bikin berdecak. Harganya 950.000 rupiah! Gimana? Mau traveling bawah ginian?

Screen Shot 2017-09-12 at 11.26.06 AM

Sumber dari otten

  1. Porlex Tall Hand Grinder

Porlex merupakan brand dari Jepang yang ada sejak 1978! Haisst! Jepang lagi. So far sudah ada tiga merk dari Jepang. Untuk para penggemar hand grinder, brand Porlex sudah tidak asing lagi di telinga. Mungkin karena sudah cukup dikenal dan familiar, jadi beberapa orang sudah tahu kualitasnya. Terlebih Made in Japan menempel di Porlex ini. Bahannya terbuat dari stainless steel dan burr-nya dari keramik. Hanya saja bagian Replacement Inner Base Cone Burr masih terbuat dari plastik. Jadi pengalaman saya yang pernah memilikinya, itu problem utamanya ya bisa pecah dan mencari penggantinya susahnya setengah mati. Kalau pun ada, biasanya hanya melayani pembelian part kalau belinya di toko tersebutnya. Eaaa!

Nah, untuk harga Porlex Tal Grinder ini sebagai peringkat ke 8, yaitu sekitar 750.000 rupiah!

Screen Shot 2017-09-12 at 11.28.37 AM

porlexgrinders.com

  1. Rhinowares

Setelah diramaikan produk Jerman, USA dan Jepang, kali ini kita ke Australia. Salah satu produk dari brand Rhinowares ini merupakan compact hand grinder. Bisa dipasangkan langsung dengan Aeropress merupakan kelebihannya. Materialnya terbuat dari stainless steel dan keramik. Body-nya simple dan design-nya menyerupai Porlex dan produk-produk sejenis, semacam Latina Sumba Hand Grinder atau tanpa merk sama sekali.

Untuk peringkat ke sembilan di tangga Hand Grinder ini Rhinowares berada di harga 695.000 rupiah! Masih okehlah untuk sekali gesek kartu ATM yah.

  1. Bialetti Macinacaffe

Kini giliran brand Italia yang sudah canggih di dunia perkopian mengeluarkan Hand Grinder. Meskipun brand-nya Italia, tetapi Made in China, yang konon kualitasnya sudah mengikuti standa Bialetti Italia. Hmmm! Buat saya yang sudah membelinya jadi ragu nih. Hahhaa! Kalau mau melihatnya, bisa buka riview link di sini bialetti-macinacaffe 

Oke! Tanpa pikir panjang soal harga, untuk Bialetti Macinacaffe ini jatuh di harga 515.000 rupiah!

Nah, itulah 10 Hand Grinder Coffee termahal versi saya. Gimana? Kalian mau beli yang mana? Kalau saya, masih pengen beli Comandante Grinder C40 Nitro Blade atau Orphan Espresso LIDO 3.

 

Selamat memilih hand grinder coffee idolamu!

 

“sonofmountmalang”

 

 

Advertisements

komen sebagian dari blogging!:))

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s