Mau mendaki Gunung Papandayan? Ini harga baru untuk tiket masuk berwisata alam di Gunung Papandayan 2017!

 

DCIM/101MEDIA/DJI_0284.JPG

Kereennn kaann pemandangan KOTA GARUT dari ketinggian saat pagi hari. Yah, ketutupan awan. Foto dari DRONE DJI SPARK.

Kalau kamu menjelajahi sebuah kota di Indonesia, tidak akan pernah habis terjelajah dalam waktu sebulan. Itu pun kalau kamu traveler lokal. Kalau travelernya ke mancanegara, ya sudahlah yah. Abaikan tempat-tempat wisata lokal. Hap!

Karena kali ini perjalanan singkat sepaket dengan kemping di Papandayan, maka itulah berwisata alamnya pun tidak jauh dari Gunung Papandayan.

Papandayan Camping Ground20820170902_093228

Sekarang, berwisata di Gunung Papandayan sudah jauh lebih bagus dan rapih dibandingkan ketika saya berwisata beberapa tahun lalu, tepatnya Oktober 2012. Artinya sudah hampir lima tahun. Pada jaman itu, jalanan menuju Camp David atau areal parkir di Gunung Papandayan masih hancur. Lobang dan batu-batu besar membuat mobil kerja lebih keras. Itu dulu lho.

 

 

Setelah lima tahun, tepatnya, menurut penjaga, di sekitar 3 bulan lalu, jalanan menuju Gunung Papandayan sudah halus dan karena sudah dikelola oleh pihak swasta. Jadi, jangan heran jika pada tahun 2012 itu saya hanya bayar 5.000/orang dan mobil lupa berapa. Nah, sekarang harga tiket untuk berwisata alam di Gunung Papandayan jauh lebih mahal. Tapi dengan catatan, jalannya sudah bagus, parkirnya pun lebih luas dan lebih bersih. Harga tiket untuk PP alias tidak berkemah itu sekitar 30.000/orang dan jika berkemah menjadi 35.000/orang. Bagi saya, untuk menikmati wisata alam di Gunung Papandayan sih masih murah hitungannya. Toh, dolar sudah naik. Gaji orang juga sudah naik. Fasilitas lebih baik. Khususnya akses sangat mulus untuk dilalui segala jenis kendaraan. Namun tetap saja, ternyata masih banyak yang bilang, “Wah! Sekarang mahal yah tiket ke Gunung Papandayan.” Yah, kapan majunya wisata Indonesia kalau berpikirnya begitu terus. Haissh!

 

 

Lalu, apa serunya Gunung Papandayan? Buat pendaki pemula, Gunung Papandayan sih pas banget. Wong ranger-nya saja bisa bolak-balik mengantarkan wisatawan Camp David – Pondok Salada, Pondok Salada – Camp David. Trek paling manusiawi dan gampang dilalui. Saking gampangnya, sampai-sampai saya kali ini tidak naik ke Pondok Salada pun. Lho gimana sih? Maklmulah secara membawa dua anak kota yang nggak bisa kalau naek sedikit dan ketemu trek batu, bisa teriak-teriak mereka minta naik gojek.

20170902_093053

Geng kempingan di Papandayan Camping Ground.

Papandayan Camping Ground230

Setan melayan di jalanan Gunung Papandayan.

Papandayan Camping Ground210

Cheerrsss! Jangan lupa untuk senantiasa narsis di alam bebas.

Papandayan Camping Ground216

Lets go hiking! Virgillyan Ranting Areythuza.

Jadi, kali ini cukup sampai menara pandang saja. Berhubung juga sudah siang karena bangun kesiangan pun di tempat kemping. Padahal sayang banget sih, sudah bayar 30.000/orang dan tidak naik sampai ke hutan mati atau pun kawah utama Gunung Papandayan. Lumayan kan untuk stock foto atau video. Sekalian bahan vlogger atau pun blogger. Apalagi teman saya kali ini seorang vlogger paling canggih se-Cipete Raya dan sekitarnya, yang kalau me-review makanan saja menggunakan Drone DJI SPARK. Selfie pun pakai drone. Pokoknya apa-apa pakai drone. Beruntunglah di Gunung Papandayan nggak ada gadis mandi di kali. Bahaya kalau ketemu vlogger satu ini.

DCIM/101MEDIA/DJI_0298.JPG

Wefie kok jauh amat!

Salah satu hasilnya menggunakan Drone DJI SPARK. Gimana? Oke banget kaannn! Bikin ngiler pengen beli yaaa. Hahaha! Ya, sementara sambil mimpi pengen punya drone buat foto-foto dan video makin ciamik, yuklah kita berwisata alam di Indonesia dulu kelarin. Sambil memupuk uang, kita naik ke Everest yaaaa! Tsahhh!

Papandayan Camping Ground227

Gerbang menuju Gunung Papandayan sudah nampak bagus yah.

Papandayan Camping Ground223

Menara Pandang untuk bisa melihat pemandangan 360 derajat.

Papandayan Camping Ground208

Itu kawah Gunung Papandayan sih deket banget kalo jalan.

Papandayan Camping Ground206

Apakah kalian masih kuat gembol gembol tas buat naik gunung?

20170902_100946

Ini yang namanya turun gunung.

20170902_100543_Richtone(HDR)

Jaman dulu, di sungai ini, banyak gadis desa mandi.Ngarep kan loooo!

20170902_095938

Spot kemping di sini juga enak. Beli tanah aja di sini yuk! Kalau ini sih pakai Samsung Galaxy K Zoom. Salah satu smartphone yang kameranya keren super najis.

Papandayan Camping Ground146

Selamat pagi KOTA GARUTTTT!

Papandayan Camping Ground141

Pagi cerah. Nah, kalau ini pakai Canon 550 dan lensa Canon EF-S 10-22mm f/3.5-4.5. Buat yang doyan mainan landscape dan harga nggak begitu bikin napas megap-megap.

“sonofmountmalang”

 

 

 

 

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Mau mendaki Gunung Papandayan? Ini harga baru untuk tiket masuk berwisata alam di Gunung Papandayan 2017!

komen sebagian dari blogging!:))

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s