Susahnya Mencari Part Hand Grinder/Manual Grinder Coffee yang Rusak!

Masih ingat kan Hand Grinder Coffee BIALETTI MACINACAFFE yang saya beli beberapa waktu lalu. Dengan harga yang lumayan sih kalau untuk kantong saya. Bisa di-cek harganya di beberapa marketplace atau e-commerce.

Rupanya, baru seminggu umurnya, sudah tidak bisa menggiling. Padahal biji kopi yang saya giling pun ranum renyah. Kopinya medium to dark roast. Namun entah kenapa tiba-tiba saja dol. Panik donk ya. Baru beli seminggu, harga gopean, eh rusak begitu saja. Konsultasi dengan CS e-commerce khusus menjual perlengkapan alat ngopi tempat saya membeli Hand Grinder Coffee BIALETTI MACINACAFFE. Setelah membongkar semua part, saya kirimkan melalui foto dan juga di-video-in, mereka berkesimpulan bahwa BIALETTI MACINACAFFE saya rusak dibagian Replacement Inner Base Cone Burr. Masa iya sih, harga 500-an, baru dipakai seminggu, itu part-nya sudah rusak aja. Kesel kaaaannn. Hahahah!

20170911_164539

Inilah yang disebut cone burr dan bagian tengahnya itu disebut Replacement Inner Base Cone Burr. Ini part Bialetti Macinacaffe.

Ya sudah, saya bilang, boleh deh ganti Replacement Inner Base Cone Burr. Nanti saya bayar. Asalkan Hand Grinder Coffee saya normal lagi. Kabar baiknya, part itu ada stock-nya. Kabar buruknya, part itu tidak dijual sendirian. Replacement Inner Base Cone Burr dijual sepaket dengan Cone Burr-nya. Harganya jatuh di 350.000 rupiah. Adohhh! Beli Hand Grinder Coffee BIALETTI MACINACAFFE aja 500.000, masa sih saya harus beli sepaket part-nya 350.000 rupiah. Mikir berat kan jadinya.

20170914_144947

Sepaket ini yang harus saya beli untuk digantikan dengan part baru.

Saya pikir-pikir dulu ya, besok saya putuskan. Akhirnya, saya putar akal. Membongkar Hand Grinder Porlex lama Replacement Inner Base Cone Burr sudah rusak, membongkarnya dan menggantikan sepaket Replacement Inner Base Cone Burr dan Cone Burr punya BIALETTI MACINACAFFE ke Hand Grinder Porlek. Hasilnya? BEKERJA DENGAN BAIK! Iyessss!

Jadi, rupanya, sebenarnya, yang rusak itu bukan di BIALETTI MACINACAFFE bukan bagian Replacement Inner Base Cone Burr-nya, tetapi besi panjang penggerak Replacement Inner Base Cone Burr. Setelah diinvestigasi, bagian menonjol di besinya itu tidak terlalu menonjol. Tidak semenonjol besi hand grinder milik Porlex. Jadinya, si besi ini tidak bisa mengait kencang dan ketika diputar ya dol begitu saja. Sementara masalahnya kan sudah ketahuan. Dan solusinya pun sudah ditemukan.

20170911_164524

Inilah masalahnya. Besi ini biang keroknya. Tidak bisa mengait. Menurut saya sodetannya kurang lebar sih. Buktinya sepaket cone burr bisa berfungsi di hand grinder porlex.

Lalu, bagaimana nasib Hand Grinder Coffee BIALETTI MACINACAFFE? Meskipun yang Porlex sudah sembuh karena kanibal dari BIALETTI MACINACAFFE? Kalau sudah begini, paling gampang cari Replacement Inner Base Cone Burr baru buat menggantikan yang pecah dari Porlex. Ribet yak!

Nah, masalahnya kan, mencari Replacement Inner Base Cone Burr itu layaknya mencari jodok di usia senja. Susaaaaahhhnyaaa minta ampun. Kalau kalian ketik Replacement Inner Base Cone Burr di e-commerce Lazada misalnya, tidak akan keluar. Coba saja klik tautan saya ini kalau tidak percaya. Begitu pun kalau mencari di blibli. Sama sajah!

Kalau kalian mencari kata kunci part hand grinder coffee di blibli dan lazada, keluarnya juga sama. Nihil! Makin pusing kan.

Coba cari ke marketplace macam tokopedia dengan kata kunci yang sama, nasibnya juga 11-12 alias tidak ditemukan.

Putus asa kan? Oh, ya nggaklah sih. Saya akhirnya menemukan keyword untuk mendapatkan Replacement Inner Base Cone Burr dengan kualitas bagus! Bahannya bagus! Kekuatannya sama dengan kekuatan Replacement Inner Base Cone Burr di Porlex atau pun Bialetti Macinacaffe. Kalian coba cari di marketplace tokopedia atau bukalapak dengan kata kunci Conical Ceramic Burrs Clip atau Grinder Sumba Sumbawa Conical Ceramic Burrs Clip. Dijamin ada barang dan penjualnya plus stock-nya. Harganya pun okeh banget dibandingkan harus beli sepaket part yang 350.000 rupiah itu.

20170914_144820

Ini Replacement Inner Base Cone Burr yang saya beli di tokopedia. Terbuat dari nylon, kuat dan tebal. So far saya puas dengan hasilnya.

20170914_144743

Nah ini Replacement Inner Base Cone Burr yang terbuat dari plastik dan rentan pecah. Nggak masalah kopi kalian medium atau dark, tetap akan rusak sih. Apalagi kalau iseng ingin menggiling halusan dikit. Bhaayy deh.

20170914_144836

Begini jika keduanya disandingkan. Jelas kan lebih kokoh yang mana.

Di sini harganya cuma 48.000 rupiah dan beli kelipatan bisa lebih murah. Nah, buat kalian-kali pencinta hand grinder coffee sejati, stock-lah part keramat ini. Agar nanti kalau-kalau masalah mendadak timbul, tinggal buka lemari perlengkapan kopi dan tra raangg! Hand grinder berfungsi kembali.

Selesai kan masalahnya. Yuk kita menggiling kopi lagi!

“sonofmountmalang”

 

 

Advertisements

komen sebagian dari blogging!:))

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s