Pilih mana? Gas burner stove atau spirit alcohol burner stove?

Beberapa waktu lalu, saya bahas serimpilan saja soal Gas burner stove atau spirit alcohol burner stove. Mana yang lebih bagus dan mana yang lebih rekomen. Coba saya iseng ulas sedikit ya.

10 tahun lalu, gas burner stove masih belum ada di dunia perkopian Indonesia. Waktu itu masih pakai Spirit Alcohol Burner Stove. Lumayan ribet kalau dibawa-bawa kemping. Pertama, harus membawa cairan spiritus, harus isi ulang spiritus, harus membawa korek api untuk membakar sumbu dan cara menyalakan hingga mematikan cukup ribet. Kalau tidak ahli, ya siap-siap sedikit kebakarlah tangan atau ujung kuku. Selain kerepotan di atas, juga ketajaman api untuk membuat kopi cukup lamban. Meski ribet, harganya tetap lebih murah dibandingkan gas burner stove. Baik harga bahan bakarnya mau pun harga stove-nya. Tetapi setelah menemukan gas burner stove, saya pun mulai meninggalkan spirit alcohol burner stove.

Kenapa Gas burner stove? Pertama lebih simple. Menyalakannya sama seperti menyalakan gas pada umumnya. Tingga cetek! Nyala. Dan bisa diatur besar kecilnya api ketika membakar alat manual brew. Tidak takut tumpah karena bahan bakarnya berupa gas. Mengisi ulangnya pun tidak ribet. Tinggal tusuk ke lobang pantatnya gas burner stove sampai dirasa penuh. Selesai dan bisa langsung pakai. Kelebihan lainnya, nyala pi lebih biru, tajam dan tidak mengandung bau seperti halnya spirit alcohol yang berbau alcohol ketika sumbu dibakar. Kekurangannya, harga lebih mahal. Harga stove mau pun harga gasnya.

Meskipun keduanya memiliki kekurangan atau pun kelebihan masing-masing, tetap saja ada kekurangan yang dimiliki keduanya. Sama-sama tidak bisa dibawa keluar kota melalui jalan udara alias kalau jalan-jalan pakai pesawat, maka kedua jenis stove ini tidak bisa dibawa. Kecuali kosongkan terlebih dahulu isinya, kemudian di kota tujuan barulah membeli bahan bakarnya. Kok ribet yaahh. Begitulah seninya pencinta kopi.

 “Foto Worcas Mini Gas Burner harganya sekitar 400 ribuan”“Foto Rekrow RK4203 Mini Gas Burner dan harganya sekitar 700 ribuan”

Nah, jadi kalau saran saya, belilah gas burner stove untuk aktvitas mengopi hari-hari kalian. Oh ya, harganya pun ada pilihan. Mau yang murahan dikit atau mahalan dikit. Kalau yang murah itu harganya berada di 400 ribu rupiah, mereknya macem-macem dan ini salah satunya . Mahalan dikit di harga 600 – 780 ribu rupiah, mereknya Rekrow – Mini Gas Burner (RK4203)  Kalau beruntung ketemu diskon di marketplace, ya bisa ditekan harganya sampai 500 ribuan.

Gimana? Tercerahkan? Semoga dan selamat ngopiii!

IMG_0783

Inilah lobang pantat mini burner yang bakalan kalian tusuk untuk diisi gas. 

IMG_0791

Sudah terlalu sering dinyalakan sampai begini bentuknya.

IMG_0793

Si api biru. Ayo kita brew kopinya!

“sonofmountmalang”

 

Advertisements

komen sebagian dari blogging!:))

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s