10 manual espresso maker yang bikin pengen kalian koleksi semuanya! Sekalian cek harga termahal sampai termurah yuk!

Siapa yang doyan minum kopi, tapi kopinya espresso? Pasti jarang yah. Mungkin hanya 1 dari 50 pria yang akan datang ke coffee shop modern, kemudian memesan espresso doank, tanpa apa pun. Kalau saya, di saat kerjaan super gila atau mau shooting iklan dan butuh melek pagi-pagi, maka pilihan paling baik adalah double shot espresso. Dijamin kepahitan, lalu melek sepanjang hari. Cewek ada yang doyan juga espresso? Hebat! Pastilah kalian-kalian itu salah satu perempuan paling kuat di dunia. Heeeee!

Namun bukan soal perempuan kuat dan pria hebat yang akan saya bahas di sini, tetapi soal manual espresso maker yang bisa menghasilkan kopi espresso tanpa automatic machine espresso. Lalu, apa saja espresso maker manual yang layak kamu miliki untuk memenuhi janji-janji kopinya setiap hari?

Inilah 10 list manual espresso maker berikut harganya. Ya, siapa tahu harganya cocok dan kalian bisa beli, semuanyaaaa! Simak baik-baik yah.

  1. THE LITTLE GUY – ESPRESSO MAKER

Kalau baca sejarahnya THE LITTLE GUY ini cukup seru yah. Sebelum di-rebranding menjadi THE LITTLE GUY, brand terdahulu namanya Otto Espresso. Rupanya, design yang sekarang kita kenal THE LITTLE GUY ini, dulunya disebut Atomic Coffee Machine dan didesign oleh Giordano Robiatti, manusia berkewarganegaraan Italia. Yah, sudah bisa ditebak yah, perkebambangan dunia alat kopi di Italia sudah lebih jauh berkembang sejak jaman Alfonso Bialetti pada tahun 1933. Tahun itu, negara kita sedang ngapain yah? Ah, jangan tahun itu, tahun sekarang saja masih sibuk soal agama dan pemimpin agama dan agama pemimpian. Eaaaa! Oops! Di sini nggak akan bahas begituan. Cukup bahas kopi aja, agama semua pencinta kedamaian.

Nah, sementara, The Little Guy sendiri, atau sebelumnya disebut sebagai Atomic Coffee Maker, ya karena bentuknya serupa bom atom kali ya, ini sudah didesign oleh Giordano Robiatti di tahun 1947. Mungkin pada era itu, di Italia, merupakan era inovasi pembuatan alat penghasil kopi terbaik.

Kemudian, seiring dengan berkembangnya jaman, Atomic Coffee Maker ini diproduksi secara mass setelah melalui proses panjang. Konon, membutuhkan waktu sekitar 4 tahun untuk mengembangkan produk Giordano Robiatti ini secara massal. Dua orang yang berjasa mengembangkannya, yaitu Dr Allan Wallace, profesor di bidang Dinamika Termal dan seorang ahli mekanik, insinyur dan agen pabrik, Doug Marshall. Mereka berdua melibatkan designer ternama Australia, Tiller Design. Seserius itu ya, negeri-negeri di luar sana mengembangkan sebuah produk untuk menyeduh kopi. Ckckckck! Kita? Pilih pemimpin seagama! PKI! Calon penghuni neraka! Dkk! Eaaaa!

Entah kenapa sebabnya, Otto Espresso, pada tahun 2013 di-rebranding menjadi The Little Guy. Meskipun namanya diganti, namun orang-orang di dalamnya, perusahaannya dan kualitasnya tetap sama. Tidak ada yang berubah, kecuali nama. Begitu kata Craig Hiron, sang founder dan creator The Little Guy.

Karena saking kerennya design The Little Guy – Espresso Maker ini, maka beberapa penghargaan pun diraihnya. Mulai dari The Australian International Design Mark in 2008, the Chicago Athenaeum’s ‘Good Design’ in 2011, International Design Excellence Award finalist in 2009 dan German Design Council nomination for the German Design Awards in 2013.

Untuk sang barista, Scottie Callaghan, yang menggunakan The Little dalam ajang lomba pun telah memenangkan beberapa kompetisi World Latte Art Champion 2006, 
Australian Barista Champion 2007 & 2010
 dan peringkat ketiga World Barista Championships 2010.

Untuk bisa memiliki The Little Guy dengan sejarah panjangnya dan kualitas espresso yang dihasilkannya pun tidak pernah diragukan, kalian harus menggesek karti kredit sebesar 7.450.000 rupiah. Oooppsss!

little-guy

thelittleguy.com

  1. NOMAD ESPRESSO MAKER

Pilihan kedua untuk urusan ESPRESSO MAKER itu jatuh ke NOMAD. Espreso manual Maed In Taiwan yang didesign oleh USA ini memiliki kapasitas air sekitar 300cc. Bagi saya, secara design sih kurang menarik ya. Kurang kekinian dan lebih imutan THE LITTLE GUY.

Untuk harga, NOMAD ini menempati posisi kedua. Jatuh di harga 3.950.000. Dikit lagi 4 juta itu yaa. Nomad ini bisa dibeli di ecommerce atau marketplace. Bisa di lazada ada, di blibli juga ada.

  1. ROK PRESSO CLASSIC – MANUAL ESPRESSO MAKER

Manual Espresso Maker pertama jatuh ke ROK PRESSO. Kenapa? Karena di beberapa tempat ngopi, khususnya bagi mereka yang tidak ingin membeli mesin espresso segede gaban, alat ini jadi andalan barista untuk menciptakan espresso. Juga, salah satu manual espresso maker yang ada dalam list belanja saya berikutnya. Ca elahh!

Cara penggunaannya pun cukup simple dan ya dibutuhkan tenaga saja untuk menekan kedua tuas menggunakan tenaga tangan, sehingga espresso bisa keluar dengan sempurna. Untuk harga ROK PRESSO yang didesign di Inggris dan diproduksi di China ini, kalian cukup menggelontorkan recehan sebanyak 2.550.000. Sekalian olah raga tangan, bisa menghasilkan espresso mantap. Cek harga cicilan bisa di beberapa tempat, tokopedia, lazada dan blibli. Silakan dibeli.

  1. FLAIR PORTABLE ESPRESSO MAKER

Manual espresso maker posisi kedua ditempati oleh Flair Portable Espresso Maker. Manual espresso hasil design USA dan tetap ya produksinya di China ini mampus menghasilkan espresso sebanyak 50 ml. Cukup untuk membuat kopi susu yang kopinya terasa strong. Terlebih lagi kapasitas kopi giling bisa mencapai 24 gram. Minimal, bisa menyesuaikan keinginan espresso kalian ya.

Cara menggunakannya pun sangat gampang dan praktis, dan tentu saja butuh tenaga untuk menekannya menjadi espresso. Ya begitulah manual. Selalu membutuhkan energi dan waktu lebih banyak.

Karena di sini bukan membahas detail caranya, tetapi lebih ke top ten manual espresso dari yang termahal sampai yang mampu dibeli kita-kita berdompet miring, jadinya saya tidak akan membahas secara detail soal kekurangan dan kelebihan. Cukup membahas bagian permukaannya saja. Untuk lebih dalamnya, nanti saja saat unboxing ketika mampu membelinya satu per satu ya.

Nah, untuk memiliki si ramping Flair Portable Espresso ini, kalian cukup mengeluarkan recehan sebanyak 2.400.000. Harga yang layak untuk design super ringan dan modern plus imut macam Flair Portable Espresso. Siapa mau beli? Cobalah cek cek iseng di tokopedia, lazada dan blibli. Kalau nggak bisa langsung bayar, bisa diciciilll. Hahaha! Kita banget yah.

  1. KAMIRA – ESPRESSO MAKER

Kembali lagi, Italia, memiliki inovasi baru untuk membuat espreso manual, Kamira. Memiliki kapasitas 7 gram dan 12 gram kopi bubuk dengan kapasitas air 30 ml dan 60 ml. Bisa dibilang untuk single shot dan double shot. Karena hampir semua alat espreso manual ini menggunakan alat panas alias kompor, begitu pun juga dengan kamira, yang menggunakan teknologi panas kompor untuk menghasilkan tekanan air yang menembus ke kopi bubuk sehingga menjadikannya espreso mantap!

Jika menggunakan air dingin, waktu yang dibutuhkan untuk sampai espresonya mengalir itu sekitar 60-90 detik. Jika menggunakan air panas, waktu yang dibutuhkan itu 30-40 detik. Hal ini juga berlaku bagi alat Bialetti Mokapot. Akan memiliki perbedaan waktu brew jika menggunakan air panas dan air dingin.

Untuk memiliki Kamira, kalian cukup memberikan sumbangan ke penjual alat-alat kopi ini sebesar 1.950.000. Bisa dibeli di tokopedia, lazada dan blibli atau pun ecommerce khusus perlengkapan kopi.

  1. Bellman Stove Top

Sama halnya dengan Kamira, maka Bellman Stove Top pun menggunakan media kompor untuk membuatnya memilki tekanan dalam menghasilkan espreso. Bedanya, Bellman Stove Top ini dilengkapi dengan steamer untuk susu. Untuk harga yang lebih murah dari Kamira, Bellman ini cukup menguntungkan. Karena bisa membuat espreso sekaligus steam susu yang bisa kalian dijadiin cappuccino. Dengan kata lain, TWO IN ONE!

Harga untuk Bellman Stove Top ini cukup masuk akal sih, yaitu beredar di harga 1.790.000. Espresso maker ini juga bisa kalian beli di tokopedia atau lazada. Tinggal tentuin aja mau beli di mana dan cek yang sedang ada diskon di mana. Sekali klik! Beliiiii!

Oh, kalau kalian penasaran si Bellman Stove Top ini buatan mana, yang pasti bukan buatan Indonesia sih. Brand ini Made In Taiwan dengan kapasitas espreso bisa mencapai 3-9 cup. Cukuplah untuk menjamu teman yang main ke rumah.

  1. Handpresso Pump

Kalau kamu nggak suka espreso manual yang gede-gede dan butuh kompor, maka ada pilihan praktis. Tinggal isi kopi, isi air terus pompa pakai tangan. jadilah espreso di mana pun dan ke mana pun. Namanya Handpresso Pump. Manual espresso buatan China dan hasil design Perancis ini, mampu menampung air sebanyak 50 ml untuk menghasilkan espreso yang kalian idamkan.

Selain ringan dan simple, Handpresso Pump ini memiliki pilihan warna ceria. Harganya masih okehlah, sekitar 1.600.000. Di beberapa marketplace dan e-commerce, Handpresso Pump ini dijual sepaket dengan termos tahan panas lama dan cangkir atau gelas espreso. Cocok buat kalian yang ingin traveling mendadak dan membuat espreso di tengah perjalanan.

  1. CAFFLANO – KOMPRESSO ESPRESSO MAKER

Espresso maker yang baru ngeheits di Indonesia ini disebut Cafflano, buatan negeri drama, yaitu Korea Selatan. Mampu menampung air kapasitas 80 ml dengan kapasitas kopi maksimal 15 gram. Alat ini proses kerjanya kurang lebih kaya Aeropress, yaitu ditekan sekuat tenaga untuk menghasilkan espresso atau ya, kalau saya sih, ROK PRESSO dalam wujud lebih modern dan lebih sederhana saja.

Untuk memiliki Cafflano ini, kalian butuh mengeluarkan uang sekitar 999.000. Nanggung ya harganya. Coba saja cek di sini jika penasaran ingin membelinya.

  1. PREXO ESPRESSO MAKER

Korea Selatan, selain menghasilkan banyak drama menyek-menyek, juga menghasil berbagai alat seduh kopi manual. Mulai dengan yang super grand dan glamour harga ratusan juta, sampai ke harga ratusan ribu. Salah satunya penghasil espreso manual dengan merk PREXO. Harganya cukup murah, yaitu sekitar 895.000. Murahlah untuk menghasilkan espreso berkualitas dengan kapasitas air 60 ml dengan maksimal kopi sekitar 14 gram. Banyak yang kecewa telah membelinya, entah karena salah mengoperasikan sehinggal hasilnya tidak maksimal atau memang hasilnya tidak sebagus manual espreso lainnya. Tetapi banyak juga yang puas dengan hasilnya. Apalagi PREXO ini ringan, simple dan gampang dioperasikan. Semacam menggiling kopi cara pengoperasiannya.

Apa pun komentar yang sudah membeli, ya kalau istilah bahasa Inggris mah ya, ONO RUPO ONO HORGO. Semacam jangan berharap bisa memancing ikan paus dengan ikan teri. Begitulah. Kepuasan hasil satu barang setidaknya harus sejajar dengan harga yang dikeluarkan. Kalau mau kualitas manual espreso terbaik, mungkin THE LITTLE GUY atau NOMAD atau KAMIRA. Kecuali untuk bersenang-senang dalam perjalanan, maka mungkin PREXO lah yang cocok untuk kalian dan kita semua.

10. STARESSO ESPRESSO MAKER

Posisi ke sepuluh dalam hal membuat espresso secara manual ini jatuhlah ke brand Staresso. Kalau ini, posisioningnya cukup jelas. Konon, diperuntukan untuk beginner atau mahasiswa. Selain itu, juga diperuntukan untuk mereka yang ingin lebih terlihat fashionable dalam perkopian dan traveling. Kenapa fashionable, karena memang secara design lebih keren dibandingkan dengan handpresso atau pun prexo.

Buatan mana ayooo…? Atau brand mana ya…? Ada yang bisa menebak?

Ya buatan China lah. Keren ya. Memang China, untuk beberapa produknya, tidak diragukan lagi. Apalagi kalau sudah menyangkut produk premium. Sudah pasti okehlah. Nah, berapa harga STARESSO ini? 725.000 saja. Kalau melihat fungsinya, sama dengan espreso manual lainnya, namun bicara design, buat kalian yang doyannya unjuk fashion, maka STARESSO ini sangat cocoklah.

Nah, itulah 10 MANUAL ESPRESSO MAKER yang akan menghantui dompet kalian semua. Putuskan setiap bulan beli satu untuk memenuhi koleksi dapur kopi. Jangan sampai dapur perkopian kalian hampa tanpa manual espresso.

Kalau ditanya, saya mau yang mana? Jawabanya, MAU SEMUAAAA!

“sonofmountmalang”

 

Advertisements

komen sebagian dari blogging!:))

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s