Camping

Luxury Camping di Hejo Forest Belantara Hutan Rasamala

20190526_112032

Dasar pemalas!

Begitu kalimat yang tepat untuk menggambarkan konten blog saya, yang sudah lama tidak diupdate tulisannya. Bukan tidak ada bahan untuk menulis, tetapi waktu yang super ketat, semacam legging ukuran S yang dipakai manusia ukuran XXXL! Aslik! Gregetan sangat! Melihat blog yang belum diisi oleh tulisan baru. Padahal bahan menumpuk banget. Tapi mau bagaimana lagi, waktu memang tidak bisa dihentikan oleh apa pun. Sementara pekerjaan juga tidak bisa dihentikan oleh apa pun. Jadi, hanya inilah waktu luang sejenak. Menuangkan kebahagiaan tentang kembali ke hutan, kemping Bersama Virgillyan Ranting Areythuza, calon petualang. Ah sedaaapp!

Jadi, postingan kali ini akan bercerita tentang apa? Tentu saja, seperti biasa, tidak jauh-jauh dari kopi, kempingan, jalan-jalan dan makan-makan serta sesekali dongeng sebelum tidur dan selanjutnya ya. Yang ternyata, semuanya sudah banyak tertinggal.

Oke! Saya akan mulai lagi program yang sempat tertunda, satu minggu satu postingan. Saya akan memulai lagi dari Luxury Camp di Hejo Forest Belantara Hutan Rasamala.

Sebagai intro, kenapa kempingan? Pertama, saya lahir di kaki gunung, besar sampai SD di kaki gunung dan keluar masuk hutan, belantara padang ilalang dan kemping mengenal saya sejak kecil. Jadi, ketika bertambahnya tua dan punya anak yang juga sedang saya tularkan mencintai semesta alam, termasuk di dalamnya tidur di alam bebas, yaitu kempingan. Maka, jalan terbaik adalah mengajaknya rutin kemping. Kedua, keluarga dari istri saya bukan keluarga alam bebas, mereka manusia-manusia kota dan ketika dikenalkan betapa nikmatnya kemping di alam hutan, mereka pun mulai ketagihan. Jadi, kemping adalah tempat tidur terbaik dan lupakan hotel ya.

Cukup ya sedikit info background kenapa kempingan selalu saya angkat.

Selanjutnya, kali ini saya kemping ke daerah Ciwidey, Bandung. Tepatnya di Hejo Forest. Oh ya, walau pun kemping ala-ala, tetapi tetap terasa kempingnya. Karena posisinya berada di bawah pohon-pohon tinggi Rasamala. Pohon hutan di Tanah Pasundan yang dapat tumbuh sangat tinggi, mencapai 40 hingga 60 meter. Pohon ini bernilai ekonomi karena kayunya yang kuat dan menghasilkan getah yang berbau harum dan menjadi bahan campuran pengharum ruangan. Daun mudah berwarna merah dan bisa dimakan sebagai lalapan atau menjadi obat batuk. Kayunya kuat dan dipakai sebagai bahan jembatan, bantalan rel kereta api, lantai, membangun rumah hingga perahu. Nah, saya kemping di tengah hutan Rasamala miliki Balai Konservasi Sumber Daya Alam, yang disewa oleh Manajemen Hejo Forest. Jadi secara tatanan kehutanan dan kepohonan serta lingkungan, Manajemen Hejo Forest tidak boleh mengubah apa pun, termasuk menanam tanaman di luar hutan milik BKSDA ini. Oh, goodlah! Lumayan ketat dan jangan sampai berubah ya bapak-bapak BKSDA. Jangan seperti hutan di Gunung Malang, yang pohon hutan Rasamala ditebang oleh pihak berkuasa, bekerja sama dengan polisi serta RPH untuk dijadikan komoditi dan menguntungkan kantong sendiri serta akhirnya merugikan penduduk. Karena berakibat dengan babi hutan turun gunung dan menyerang pertanian, lalu air menjadi susah dan cuaca tidak sedingin dulu lagi. Curhat!

Lalu, kembali ke Hejo Forest. Apa kelebihan Luxury Camp di Hejo Forest?

Sebelum membahas kelebihannya. Saya lanjutkan dulu ya, sekilas tentang Luxury Camp Hejot Forest. Lokasinya berada di Ciwidey, sebelah kanan jalan, sebelum Kopi Warung Gunung. Seperti yang saya sebutkan tadi, Hejo Forest berada di hutan Rasamala.

Kenapa disebut Luxury Camp? Karena konsep kempingan kekinian kan? Glamping aka glamour camping aka glam camping atau executive camping atau Luxury Camping. Apakah saya setuju dengan Hejo Forest dengan kategori Luxury Camp? Tentu banget! Saya setuju sih. Walau pun ada juga tenda biasa yang beneran tenda dan satu lagi ground yang bisa disewakan. Pertanyaan selanjutnya, kenapa saya setuju jika Hejo Forest disebut Luxury Camp? Oh ya, kategori Luxury Camp itu apa sih?

  • Kamar mandi di dalam
  • Bangunan semi permanen sebagai atapnya terbuat dari bahan tenda
  • Kamar mandi air hangat
  • Bisa pesan makanan
  • Sarapan pagi
  • Api unggun serta panggang-panggangan
  • Kasur, bantal dan sleeping bag
  • Air panas, air minum dan kopi tersedia selalu
  • Keamanan 24 jam
  • Suasana dingin alami bukan AC
  • Fasilitas lainnya yang mendukung, misalnya kolam renang air hangat

Lha! Banyak yak fasilitasnya dan ini semua ada di Hejo Forest. Itulah kenapa saya menjadikan Hejo Forest ini salah satu THE BEST GLAMPING yang pernah saya kunjungi selain groupnya LEGOK KONDANG. Untuk melihat kategori kemping versi saya, bisa di postingan tentang kempingan ya di history postingan.

Nah, jadi, sebanyak itulah fasilitas Hejo Forest. Terlebih lagi, air panasnya menggunakan air panas alam dari aliran Kawah Putih. Karena memang kempingan di sekitaran Ciwidey dan kawah putih, pastinya memanfaatkan panas air alam. Termasuk Hejo Forest ini dan kolam rendamnya pun hangat alami. Makin asik kan. Lebih asik lagi, kalau tidak ingin pesan makanan atau tidak ingin masak sendiri, kita tinggal jalan kaki ke jalan raya belok kanan sedikit dan bisa makan serta ngopi di WARUNG KOPI GUNUNG milik groupnya KOPI ARMOR. Nggak enak gimana tuh kemping. Hahhaha! Anyway! Namanya aja kemping ala-ala, yang adanya ya kemping manja sih jadinya yaaa!

Kira-kira, berapa sih uang yang harus dikeluarkan untuk menikmati Luxury Camp di Hejo Forest ini?

  • Luxury Camp 1.500.000 untuk 4 orang dan tempatnya bisa muat untuk 6 orang
  • Standard Camp 750.000 untuk 4 orang dan tempatnya bisa muat untuk 5 orang
  • Satu lagi, bisa sewa ground aja. Harganya saya lupa nanya. Palingan tidak akan lewat dari 30 ribuan sih seharusnya.

Selebihnya, kita bisa menikmati suasana hutan sejuk di siang hari, dingin di suhu 16 – 14 derajat celcius di pagi dan malam hari. Spot kemping yang sempurna buat keluarga. Mau mencobanya? LETS GOH check youtube saya yuk!

“sonofmountmalang”

Advertisements

komen sebagian dari blogging!:))

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s