Cerita untuk Ranting Areythuza

Dongeng (50); Buah Canar

Oke, Ting. Siap-siap ya. Malam ini aku akan cerita tentang salah satu buah yang bisa dimakan di hutan. Karena sudah lama ya aku tidak cerita sebelum tidur.

Jadi.

Dulu.

Ketika aku masih kecil.

Di kaki Gunung Malang, kerjaanku sering keluar masuk hutan. Jadi, salah satu yang harus dikuasi adalah, tahu seluk beluk hutan dan buah-buahan, biji-bijian, pohon dan daun yang bisa dimakan atau yang bisa diminum.

Kali ini aku akan cerita tentang BUAH CANAR.

Buah Canar dalam bahasa ilmiahnya Smilax Leucophylla ini pohonnya merambat di pohon lainnya. Batang yang pipih. memiliki duri yang kuat atas batang. Daun yang luas dan berbentuk oval. Daun meruncing ke ujungnya. Para pangkal daun juga mengecil ke tangkai daun. Menyerupai pisau, panjang 19 cm dan lebar 11 cm, Tangkai daun 2 cm.

Buahnya mirip anggur hijau. Nama lainnya juga banyak nyebut Buah Canar ini sebagai anggur hutan sih. Buahnya sedikit berlendir di mulut ketika digigit. Yang masih hijau atau mentah, rasanya aseeeeemmmmmm banget! Jadi, aku biasanya mencari yang sudah matang. Yang sudah matang itu warnanya hitam, merah marun atau ya kalau sudah merah juga nggak apa-apa. Tapi kalau mau merasakan kesegaran di hutan sih, coba cicipin yang mentah juga kalau sih boleh aja.

Buah canar gampang sekali untuk ditemukan. Cara mengambil buahnya pun gampang. Bisa diambil pakai dahan kayu yang panjang atau kalau sudah matang sih digoyang-goyang saja pohon merambatnya, pasti jatuh. Tinggal dimakan dan segerrrrr!

Kalau ada buah yang sudah matang berlebih, biasanya aku bawa ke rumah dan dijadiin cemilan santai atau dibagi-bagi buat yang mau makan buah canar. Tapi biasanya sih, jarang banget dibawa pulang. Karena nemu yang sudah matang dalam jumlah banyak lumayan susah. Yang makan buah canar itu bukan cuma manusia. Hewan pemakan buah juga pastinya makan buah canar.

Gimana Ting? Mau nyobain buah canar kalau kita jalan-jalan ke hutan? Oh, ya. Manfaat buah canar itu buanyaakkkk! Selain buahnya, daun canar juga bisa dimakan. Sama satu lagi, ada daun di hutan yang bisa dimakan, rasanya asem, tapi enak. Aku lupa apa itu. Tapi aku masih ingat daunnya kaya apa. Nanti kalau ke hutan dan nemu tanaman ini, kita cicipin yah.

Nah, seperti tadi aku bilang, tanaman canar dan kebanyakan tanaham hutan itu buanyaakk sekali manfaatnya. Kalau untuk canar sih, katanya; 

  1. Tanaman canar bersifat detoksifikasi, & antiseptik.
  2. Tanaman canar untuk mengobati penyakit rematik.
  3. Tanaman canar berguna untuk mengobati persoalan menstruasi (haid).
  4. Daun & akar tanaman canar berguna untuk penyakit sifilis.
  5. Tanaman canar ini bersifat antibakteri.
  6.  Batang & daun tanaman canar dipakai untuk mengobati sakit perut
  7. Campuran garam, jahe & tanaman canar dipakai untuk menyembuhkan racun

Makanya, orang tua jaman dulu jarang sakit aneh-aneh. Makannya daun, pohon, akar, batang dan buah-buahan sehat semua.

Ting….Ting…

Yah! Ranting sudah molor duluan. Baiklah. Besok, aku lanjutin Dongeng Sebelum Tidurnya lainnya lagi yaaa. Masih buanyaakkkk!

Selamat buobooo!

“sonofmountmalang”

Note: Karena saya belum juga ke hutan, jadi buat yang penasaran kaya apa buah canar, coba saja googling dengan kata kunci buah canar atau Smilax Leucophylla  atau Smilax. Karena banyak jenis Smilax di hutan seluruh dunia. Kalau malas, lihat saja hasil googling saya di bawah ini.

http-::3.bp.blogspot.com:-iYxfwMjJTWY:UCXevfbHRBI:AAAAAAAABVs:rcEd-fxA-Xs:s1600:P1010460

http-//3.bp.blogspot.com/-iYxfwMjJTWY/UCXevfbHRBI/AAAAAAAABVs/rcEd-fxA-Xs/s1600/P1010460

Screen Shot 2020-03-06 at 10.39.56 PM

Ini kalau kita googling BUAH CANAR

https-::upload.wikimedia.org:wikipedia:commons:7:74:Smilax_aspera

https-//upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/7/74/Smilax_aspera

Screen Shot 2020-03-06 at 10.30.04 PM

Ini kalau kita googling dengan keyword Smilax Leucophylla

 

komen sebagian dari blogging!:))

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s