Category: dongeng tidur tala

Dongeng (15) Cinta mati

    “Malam ini akan ada dongeng apa?”     “Dongeng apa ya?”     “Masih banyak kan dongeng kamu?”     “Banyak banget!”     “Dongengin aku soal masa kecil kamu lagi dong.”     “Bagian yang mana?”     “Yang mana aja.”     “Yang serem? Mau?”     “Ah, yang kemaren-kemaren nggak serem.”     […]

Dongeng (14) Berburu sarang burung

Ada dongeng sebelum tidur apa malam ini? Banyaaaak! Mau lanjutin dongeng soal air sungai yang rasanya bisa berubah menjadi manis di lidah? Atau mau dongeng yang lebih seru lagi?     “Yang lebih seru!! Emang air berubah jadi manis nggak seru?”     “Serunya beda.”     “Ohhhh!”     “Boleh deh. […]

Dongeng (13) Berburu Madu Hutan

“Ada dongeng apa lagi malam ini?” belum juga saya membereskan bantal, pacar saya sudah menodong. Ada dongeng apa lagi ya. Sampai kakek nenek kita berdua, dongeng tentang kehidupan di kaki Gunung Malang, tidak akan pernah selesai. “Iya, ada dongeng apa lagi? Dongengin dong. Aku pengen ngantuk nih. Besok […]

Dongeng (12) Dora

Aceh Gayo sudah dituang ke dalam cangkir kecil dari Moka Pot yang masih panas. Wanginya memenuhi kamar. Konon, Aceh Gayo ini mengandung serbukan ganja. Jadi saya berharap di tengah-tengah pendongengan, mata terlelap lebih awal. Semoga saja kadar ganja di Aceh Gayo ini melebih kadar aman. Selain sensasi pahit, […]

Dongeng (11) Hantu Caruluk

Mau dongeng apa malam ini? Begitu tanya pacar saya. Saya bingung. Dongeng apa ya kira-kira enaknya. Kamu mau dongeng apa malam ini? Seru, serem, tegang atau sedih?     “Oh, ada dongeng sedih juga?”     “Ada.”     “Aku nggak mau dongeng sedih ah.”     “Tapi suatu saat, bagian sedih […]

Dongeng (10) Si Riweuh 2

Malam ini saya akan melanjutkan dongeng Si Riweuh ya. Masih ingat kan dongeng semalam lalu?       “Adegannya sampai Si Riweuh duel dengan babi kan?”       “Yap! Masih ingat rupanya.”       “Pasang telinga baik-baik ya.”       “Nggak ngopi dulu?”       “Nggak, tadi udah minum wine setengah gelas buat nyembuhin […]

Dongeng (9) Si Riweuh

Malam ini dongeng seputaran babi masih mau? Atau mau dongeng lainnya? Saya bertanya sebelum memulai mendongeng.         “Soal babi masih ada yang seru?”         “Masih banyak sih.”         “Ya, udah deh. Dongeng babi aja. Masih ada hubungannya sama           babi kemaren?”         “Dongeng soal babinya iya, tapi aku […]

Dongeng (8) Dikejar Babi Hutan

Malam ini, sebelum memulai sebuah dongeng, saya melakukan ritual sederhana. Memutar musik pengantar dongeng. Meredupkan lampu kamar. Menghabiskan kopi terakhir. Menarik selimut. Mengambil napas. Menahan napas. Diam sececah. Terdengar gerisik hujan memelan di luar kamar. Nyaris luntur disiram putaran musik dari speaker hitam di pojok ruangan. Malam ini […]

Dongeng (7) ; Ngorang

Sebenarnya masih banyak topik lebih menarik dari kata ‘NGORANG’, berhubung sebelum tidur saya membaca berita pendaki hilang di Gunung Gandang Dewata, saya pun akhirnya mendongengkan NGORANG untuk pacar saya yang sudah siap mendengarkan dongeng sebelum tidur. Baiklah kalau begitu. Kalian siap? Tapi sebelum mulai, saya mau menuangkan Kopi […]

Foto Dongeng (6): Proses ngurek

Untuk mengisi foto soal proses ngurek dari dongeng NGUREK dan sekaligus menunjukkan ke @dwiyuniartid keseruannya, saya pun mengajaknya ke sawah di kaki Gunung Malang. Hasilnya silakan pantau proses ngurek yang saya lakukan. 7. Ini lubang belut di sisi pematang yang sawahnya berair. Lubangnya kecil. Kira-kira seukuran jari tengah, […]