Tag: dongeng

Dongeng (15) Cinta mati

    “Malam ini akan ada dongeng apa?”     “Dongeng apa ya?”     “Masih banyak kan dongeng kamu?”     “Banyak banget!”     “Dongengin aku soal masa kecil kamu lagi dong.”     “Bagian yang mana?”     “Yang mana aja.”     “Yang serem? Mau?”     “Ah, yang kemaren-kemaren nggak serem.”     […]

Dongeng (14) Berburu sarang burung

Ada dongeng sebelum tidur apa malam ini? Banyaaaak! Mau lanjutin dongeng soal air sungai yang rasanya bisa berubah menjadi manis di lidah? Atau mau dongeng yang lebih seru lagi?     “Yang lebih seru!! Emang air berubah jadi manis nggak seru?”     “Serunya beda.”     “Ohhhh!”     “Boleh deh. […]

Dongeng (12) Dora

Aceh Gayo sudah dituang ke dalam cangkir kecil dari Moka Pot yang masih panas. Wanginya memenuhi kamar. Konon, Aceh Gayo ini mengandung serbukan ganja. Jadi saya berharap di tengah-tengah pendongengan, mata terlelap lebih awal. Semoga saja kadar ganja di Aceh Gayo ini melebih kadar aman. Selain sensasi pahit, […]

Dongeng (11) Hantu Caruluk

Mau dongeng apa malam ini? Begitu tanya pacar saya. Saya bingung. Dongeng apa ya kira-kira enaknya. Kamu mau dongeng apa malam ini? Seru, serem, tegang atau sedih?     “Oh, ada dongeng sedih juga?”     “Ada.”     “Aku nggak mau dongeng sedih ah.”     “Tapi suatu saat, bagian sedih […]

Dongeng (10) Si Riweuh 2

Malam ini saya akan melanjutkan dongeng Si Riweuh ya. Masih ingat kan dongeng semalam lalu?       “Adegannya sampai Si Riweuh duel dengan babi kan?”       “Yap! Masih ingat rupanya.”       “Pasang telinga baik-baik ya.”       “Nggak ngopi dulu?”       “Nggak, tadi udah minum wine setengah gelas buat nyembuhin […]

Dongeng (9) Si Riweuh

Malam ini dongeng seputaran babi masih mau? Atau mau dongeng lainnya? Saya bertanya sebelum memulai mendongeng.         “Soal babi masih ada yang seru?”         “Masih banyak sih.”         “Ya, udah deh. Dongeng babi aja. Masih ada hubungannya sama           babi kemaren?”         “Dongeng soal babinya iya, tapi aku […]

Dongeng (6) ; Ngurek (2)

Sambungan NGUREK…. Semalam lalu sampai dimana ya cerita NGUREknya? Hmmm….! sampai di momen belut menarik kail ke dalam. Apakah benang harus ditarik atau tidak? Itu semua tergantung insting soal jenis belut apa yang ada di dalam lubang. Tidak banyak sih jenis belutnya. Hal paling mendasar adalah jenis belut […]

Dongeng (4) : Ngobor

Dongeng malam ini bercerita tentang ngobor. Ngobor apa sih? Seru nggak ceritanya? Seru kok. Dengerin aja ya. Pasang telinga dan imaginasi. Oke? Ngobor. Itu hanya istilah untuk penduduk di kaki Gunung Malang. Salah satu kegiatan mencari ikan, belut, lele dan kodok pada malam hari. Sekitar jam 12 malam. […]

Dongeng (3) : Belalang

Seperti malam-malam sebelumnya, saya mendongeng sebelum tidur. Kali ini topiknya belalang. Kok belalang sih? Puluhan tahun lalu, sewaktu saya masih kecil, belalang merupakan cemilan paling nikmat dan harum sedunia. Tidak semua jenis belalang sih. Hanya beberapa jenis belalang. Biasanya yang ukurannya besar, sedang dan bentuk tertentu. Tidak mudah […]

Dongeng (1) : Kicente

Di tahun 2013 ini, saya akan menambahkan satu kategori “DONGENG TIDUR TALA.” Dongeng pengantar tidur untuk pacar saya setiap malam, sampai ia tertidur dan terdengar bunyi ngorok. Sudah banyak dongeng pengantar tidur yang saya ceritakan. Sekarang, giliran saya menuliskan dongeng-dongeng itu di blog ini. Dongengnya sendiri biasanya berisi […]