Tag: gunung malang

Dongeng (25) Puncak Bungah

     “Mau dengerin dongeng nggak malem ini?” tanya saya. Kali ini saya yang bersemangat.      “Mauuu!” jawabnya.      “Tapi ini bakalan bersambung. Nggak bakalan habis semalem.”      “Ya udah, nggak apa-apa.”      “Baiklah. Siap-siap ya.” Konon, ada seorang kaya Jakarta, Sabdono namanya, membuka lahan di atas bukit di […]

gunung malang; memutar rekaman usang

Dongeng Tidur Tala tentang tempat paling ramai pada jamannya sudah semakin dekat. Sebelum mencapai ke tempatnya, pelan-pelan akan saya buka perjalanan singkat menujunya. Hutan lebat di sisi kiri dan kanan jalan masih lumayan utuh, meskipun beberapa bandit pemerintah menjual pohon-pohon ke bandit lainnya untuk ditebang dan dijual. Bedanya, […]

gunung malang; memutar rekaman usang

Kalau teman saya, pantaradotco dan arrietajunior itu membuang jenuhnya ke Rinjani, Semeru, Sempu, Pulau Bira, Raja Ampat dan tempat-tempat jauh-jauh plus ada bajetnya, maka saya pergi ke tempat-tempat dimana saya menghabiskan masa kecil berjejal memori, di kaki Gunung Malang. Tempat-tempat inilah yang akan dan selalu ada, menjadi bagian […]

Dongeng (24) Hukuman Hujan

“Mau dongengin aku apalagi malam ini?” tanya Tala, nyaris bersamaan dengan kilat menembus kaca jendela, lalu mulai terdengar petir, sedetik kemudian hujan deras bercampur angin pun berkecamuk di luar kamar. “Apa ya…?” aku balik nanya. “Apa aja deh.” “Soal hujan. Mau?” “Ok. Siapkan diri dulu. Sementara aku bikin […]

gunung malang; menyesatkan di perjalanan

Bagian paling seru ketika melakukan perjalanan kecil adalah membiarkan roda mobil menentukan tujuannya sendiri. Ketika saya melakukan hal itu menyusuri jalanan berkerikil-beraspal di tengah perkebunan teh di balik Gunung Malang, saya menemukan air terjun. Tidak ada namanya. Tidak ada turisnya. Air terjunnya berada di antara dua bukit. Di […]

jamur paku payung

JAMUR PAKU PAYUNG. Penduduk di kaki Gunung Malang sih menyebutnya begitu. Jamur ini cukup keras. Seperti kayu. Yang sudah tua dan kering lebih keras lagi. Mitosnya, jika ingin anak bayi jalannya cepat lancar atau untuk anak yang jalannya terlambat, setiap pagi dan sore mengetuk-ngetukkan jamur ini ke dengkulnya. […]

Dongeng (21) Kaliandra

  Kaliandra. Jenis pohon sekategori dengan pohon petai cina. Tumbuhan liar. Bebas tumbuh di mana saja. Di sisi sungai. Di sisi hutan. Di tengah hutan. Di sisi kebun cengkeh. Di sisi kebun teh. Di sisi kebun pertanian. Tanaman Kaliandra bebas tumbuh sesukanya. Ukuran pohonnya paling besar bisa mencapai […]

Dongeng (20) Babandotan

Dongeng malam kali ini tentang Babandotan. Itu binatang? Bukan. Ikan? Bukan. Hantu? Bukan juga. Babandotan hanyalah tanaman liar di padang rumput, di kebun teh, kebun cengkeh, kebun jagung, di tengah kebun sayuran, sisi kali dan banyak ditemukan di kaki Gunung Malang. Tanaman ini dibiarkan begitu saja. Kecuali di […]

Dongeng (19) Berburu Lebah Sengat

Salah satu kegiatan malam hari paling seru lainnya adalah berburu sarang lebah sengat. Itu tema dongeng sebelum tidur malam ini, lebah. Siap-siap dengerin ya. Penduduk di kaki Gunung Malang pemakan segala, kecuali babi. Lebah sengat merupakan makanan favorit dengan cita rasa sensasional. Gurih, lezat, kaya protein dan enaknya […]

libur lebaran akan pergi ke mana?

Akan pergi kemana LIBURAN LEBARAN tahun ini? Saya maunya pergi ke kaki Gunung Malang. Menikmati udara super dingin dan menjalani kehidupan normal seperti penduduk di sana pada umumnya. Bangun pagi hari, menikmati secangkir kopi panas bersama ubi bakar atau pergi ke sawah, belajar mencangkul, belajar memanen padi, belajar […]