Tag: hutan

Yang Keparat! Yang Keparat!

“Keparat, sir! Keparat!” Begitu canda sahabat saya ketika ia menirukan celetukan pemilik perahu atau pemandu wisata menawarkan jasa mengantarkan turis asing ke Gua Parat. Saya diajak Mang Rasyid ke Gua Parat. Sambil berjalan menuju gua, Mang Rasyid terus bercerita. Sesampainya di mulut gua, saya melihat dua makam. Satu […]

Dongeng (10) Si Riweuh 2

Malam ini saya akan melanjutkan dongeng Si Riweuh ya. Masih ingat kan dongeng semalam lalu?       “Adegannya sampai Si Riweuh duel dengan babi kan?”       “Yap! Masih ingat rupanya.”       “Pasang telinga baik-baik ya.”       “Nggak ngopi dulu?”       “Nggak, tadi udah minum wine setengah gelas buat nyembuhin […]

Dongeng (9) Si Riweuh

Malam ini dongeng seputaran babi masih mau? Atau mau dongeng lainnya? Saya bertanya sebelum memulai mendongeng.         “Soal babi masih ada yang seru?”         “Masih banyak sih.”         “Ya, udah deh. Dongeng babi aja. Masih ada hubungannya sama           babi kemaren?”         “Dongeng soal babinya iya, tapi aku […]

Dongeng (8) Dikejar Babi Hutan

Malam ini, sebelum memulai sebuah dongeng, saya melakukan ritual sederhana. Memutar musik pengantar dongeng. Meredupkan lampu kamar. Menghabiskan kopi terakhir. Menarik selimut. Mengambil napas. Menahan napas. Diam sececah. Terdengar gerisik hujan memelan di luar kamar. Nyaris luntur disiram putaran musik dari speaker hitam di pojok ruangan. Malam ini […]

Dongeng (3) : Belalang

Seperti malam-malam sebelumnya, saya mendongeng sebelum tidur. Kali ini topiknya belalang. Kok belalang sih? Puluhan tahun lalu, sewaktu saya masih kecil, belalang merupakan cemilan paling nikmat dan harum sedunia. Tidak semua jenis belalang sih. Hanya beberapa jenis belalang. Biasanya yang ukurannya besar, sedang dan bentuk tertentu. Tidak mudah […]

Di pinggiran Jakarta ada surga?

Orang bilang, surga itu di telapak kaki seorang ibu. Orang bilang, surga itu ada di Ibiza. Orang bilang, surga itu ada di Pulau Dewata. Ada juga yang bilang, surga itu ada setelah kematian. Ketika kita berbuat baik di dunia, Tuhan menyediakn surga dengan limpahan harta benda, makanan, gadis-gadis […]

Santai di Santolo

Sebelum memutuskan pergi ke pantai, saya ngecek jarak dulu di Google Map. Jarak Tarogong – Pantai Santolo itu sekitar 90,8 KM dengan waktu tempuh sekitar 2 jam 27 menit. Untuk memastikannya, saya bertanya ke resepsionis hotel. Jawabnya singkat,”Dekat kok.” Saya tanya berapa jam ya kira-kira. Ya…sejamlah. Owww! Oke! […]